Spesifikasi Vega And jupiter Z Bore Up 130cc

BORE UP JUPITER Z DAN VEGA R 130CC


BORE UP JUPITER Z DAN VEGA R 130cc
 
Membuat motor kencang itu tidak sulit asalkan punya skill, keberanian, peralatan dan yang pastinya Modal/Dana speed lovers,,,!! Kalau gak ada dana gimana bisa bangun motor kencang,,,???  Tapi tenang saja dana yang di butuhkan untuk kohar(KOREK HARIAN)/street racing performance(SRP),,,hehe,,ngarang bahasanya,,,!! Buat  motor bebek seperti Jupiter atau Vega tidak lebih 500 ribu,,,udah cukup buat beli parts and ongkos pasang,,,!!
Yang pertama di lakukan adalah cukup membeli piston Kawasaki Blitz Joy(56mm) yang mereknya NPP, Karena bentuknya yang enggak jauh beda sama piston standar Jupiter Z/Vega (51mm) dan diameter pin piston yang sama(13mm) .

Jika di aplikasikan ke  Jupiter Z atau Vega  yang punya spek satandar 51mm X 54mm (bore X stroke) kapasitasnya jadi 132,9 cc. apalagi untuk New Jupiter, speknya sebelas dua belas dengan Vega ZR yang 50,0mm X 57,9mm, hasilnya 142,5 cc.

Kiri Piston Blitz Joy
Yang kedua yaitu  puncak sehernya dibuatkan alur klep(doom) baru. Apalagi noken as sudah kena gerinda alias durasinya dan lifnya sudah di rubah,  wajib bikin alur klep(doom) biar nggak saling tabrak dengan paying klep,,,!! Bukannya motor jadi kenceng malah jebool ntr,,!!
seher doom.jpg
Coakan Piston harus di buat ulang (doom piston)
Yang terakhir  yaitu mengganti Liner standar Jupiter dengan Liner yang lebih besar dan tebal, karena kalau pasang Piston Blitz Joy tanpa mengganti liner standarnya mesin jadi cepat panas karena liner sangatt tipiss,,,!! Cukup ganti dengan liner/Boringannya dengan Blitz Joy yang ukurannya sudah pas sama pistonnya , jadi tidak banyak ubahan. Bawa ke tukang bubut saja,,selesai deehh,,,!! Tinggal rakit mesin kembali,,,,!!
liner.jpgblok jupiter.jpg
Meski pantat piston Blitz Joy terlihat lebih panjang dari satandar Jupiter Z atau Vega, tetap aman bila langsung dipasang. Namun, bila dipasang pada New Jupiter dan Vega ZR harus dipotong pantatnya 35 mm. itu diukur dari kepala piston. Pokoknya ongkos buat ganti boring, modif piston dan beli piston kit (NPP) total hanya Rp 300 rebuan, sisanya buat ongkos mekanik, pas  dengan 500 ribu tadi
Jangan lupa untuk menyeting ulang karburatornya supaya pasokan bahan bakar masuk pas dengan kapasitas ruang bakar yang sekarang . Macam kepala piston. Biasanya main-jet dan pilot-jet naik sekitar 2-3 step. Habis tinggal lihat businya, kalau masih putih tambah lagi main-jet sampai warna busi seperti batu bata.
Good Luck,,,,!! 











Tune UP Mio

mau MIO kenceng, tetep tergantung budget bos...hehehe...
step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
knalpot:(HRP) kisaran 200rb
           (AHM)kisaran 350-400rb
           (yy pang) kisaran 250-350 rb
           (endurance) kisaran 500-600rb
           (DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
           (TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
           *masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh, medium, atau high, atau gabungan diantaranya..
roller: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
         pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda ingin bermain..
per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
            per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..

step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
                 bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
                 + skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga
                       sekitar 300rb-450rb..
                       *masing-masing noken as punya spek sendiri ada
                         yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
                         derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
                       *jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
                         klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
                         menghindari klep floating pada putaran atas.
                         merk beragam sama spt diatas..
                       *tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
                         berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
                         durasi noken as !!
koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
                CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
                *koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
                  perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
                 kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
                 *beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
                  (programmable), dan ada yang dual band..
             
                 *masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
                   pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
                 * NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
                    spek nya pada kemasan..
step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
            ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb

jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja motor).

setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang diaplikasi...

untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo udh lmyn panjang...

kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran 450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...

modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....

SELAMAT MEMODIFIKASI!!!

Ingin Spek Di atas Kunjungi Central Motor Ambarawa : Busungan Tambakboyo Kec.ambarawa 
DIJAMIN Josh A1

21 komentar:

  1. Vega r yang sudah 54,rewel ngga mesinnya?

    BalasHapus
  2. Vega r yang sudah 54,rewel ngga mesinnya?

    BalasHapus
  3. Tidak gan , asal rutin perawatan sprti gnti oli , bongkr mesin

    BalasHapus
  4. Tidak gan , asal rutin perawatan sprti gnti oli , bongkr mesin

    BalasHapus
  5. Piston npp di tempat ku 150.rb Boring/cilinder 200 rb vanbel 210000 rb. Ongkos pasang 125000 rb karbu 26 kw 30 250000 knalpot plong 400 rb belum lagi yg kecil² kaya topset. Lem. Minyak buat cuci mesin rokok. Kopi utang heheeee habis duit nya :(

    BalasHapus
  6. Standar aja biar gk takut polantas hehee

    BalasHapus
  7. Oh...saya ada vega r kotak 2004 mau dibangun pake piston blitjoy apa harus coak kregkes apa gk,trus buat head silinder saya pake klep shogun125 dan per klep cs1 bisaa.
    1 lg om bhab tambal buat head cylinder rumah clep apa yg bagus buat tahan panas.dipake harian jarak jauh kuat gk soalnya saya bogor jakpus PP.

    BalasHapus
  8. gan kalo beli paket bore up 130 cc (piston, ring, blok seher,) yang sudah jadi (merek tdr diameter 54.3) jupiter z1. perlu penyesuaian apa lagi ya.. apa pangsung pnp,?

    BalasHapus
  9. BOss sy mau tanya kl pasang piringan cakram double kirikanan depan gimn caranya dan beli dimn socknya??apa bisa PNP?? motor sy mio soul trims

    BalasHapus
  10. Mas saya mau tanya nih.. kebetulan motor saya jupiter z,jika pakek linernya Blitz joy, crankcase nya perlu dibesarkan apa ndak ya..?

    BalasHapus
  11. Mas klau ganti piston suaranya jadi kasar gak?

    BalasHapus
  12. Klau kreta vega kotak 2000,pasang 130 std harian rombak habis kenak brapa bng? Misalkan pegangan piston goyang itu harus diganti?? Pokoknya bongkar habis knak brapa? Skrng posisi mesin isi piston 100 kje, klep std vega new, asklep std, semua std, tpi klau pakai blok sama deksel asli vega kecil, harus pakai paking 3 lembar, apa udh naik strok om?

    BalasHapus
  13. ni klo bikin motor korek harian total habis brapa lembar gan

    BalasHapus
  14. Maaf ni. Kalo mau pakai piston ukuran 58 harus bubut crankcase apa ndak gan?boring harus ganti apa ndak?

    BalasHapus
  15. Maaf gan,kalau liner jupiter z di ganti sama liner blitz joy,krankase harus di bubut ga ya??🙏🙏🙏makasih...

    BalasHapus
  16. Om gua punyak vega new om...
    Pakek piston mesin babat kok bisa kencang ya om

    BalasHapus
  17. Bang ane punya jupe z sekarang masih spek 58 klep standar non stroke.. tapi kalo naik jadi klep lebar non stroke bisa ga yah mohon pencerahannya

    BalasHapus
  18. Bg aku mau nanya
    Aku kohar jadi piston kaze 54mm trus sama bubut asklep ganti oli sama paking kenak 650 kemahalan atau gmna Bg?
    Sepeda motor saya vega zr

    BalasHapus
  19. Bang. Kalo mau pakai piston ukuran 59 memakai liner poring thunder harus bubut crankcase apa ndak gan?

    BalasHapus